Kamis, 21 Agustus 2014

Apa Itu Sun Outage?

Karena sebentar lagi ada sun outage yang akan terjadi pada bulan september ini. Sedikit saya sharing tentang sun outage kebetulan saya abis googling dan nemu sedikit artikelnya. Dan kebetulan juga Saya kerja di perusahaan penyedia layanan komunikasi berbasis VSAT. Mau gk mau ya Saya harus paham apa itu sun outage hehe.

Pengertian Sun Outage

Sun outage adalah kondisi yang terjadi pada saat bumi-satelit-matahari
berada dalam satu garis lurus. Satelit yang mengorbit bumi secara geostasioner pada garis orbit geosynchronous berada di garis equator atau khatulistiwa (di ketinggian 36.000 Km) secara tetap dan mengalami dua kali sun outage setiap
tahunnya. Energi thermal yang dipancarkan matahari pada saat sun outage mengakibatkan interferensi sesaat pada semua sinyal satelit, sehingga satelit mengalami kehilangan komunikasi dengan stasiun bumi, baik head-end/teleport maupun ground-segment biasa.

Kapan Sun Outage terjadi?

Sun outage akan terjadi dalam beberapa hari di jam yang sama selama beberapa menit.
Sun outage terjadi selama bulan Februari / Maret dan September / Oktober, dan dapat bertahan selama 15 menit. Kejadian ini dapat terjadi sampai dengan 15 hari.

Bagaimana efeknya terhadap koneksi internet?

Pengaruh sun outage ini bervariasi, dari gangguan minimal sampai total outage selama 15 hari. Saat sun outage mencapai puncaknya, gangguan akan berangsur-angsur berkurang sampai hilang sama sekali pada beberapa hari kemudian.

sumber : www.forumbebas.com/

Tidak ada komentar: