Selasa, 26 Juli 2011

Tragedi Munich 6 Febuary 1958

Tragedi Munich pada musim berikutnya, ketika pesawat membawa tim pulang
dari pertandingan piala champions eropa mengalami kecelakaan saat mendarat di Munich, Jerman
untuk mengisi bahan bakar.Tragedi Munich 6 Febuary 1958 merenggut nyawa 8 pemain tim Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, dan Liam "Billy" Whelan. dan 15 penumpang lainnya termasuk staf United, Walter Crickmer, Bert Walley, dan Tom Curry. Terjadi 2 kali pendaratan sebelum yang ke 3 mengalami kesalahan fatal, tidak stabilnya kecepatan pesawat karena adanya lumpur. Penjaga gawang United Harry Gregg mempertahankan kesadaran saat kecelakaan itu dan dibawah ketakutan pesawat akan meledak, menyelamatkan Bobby Charlton dan Dennis Violet dengan mengencangkan sabuk pengamannya. 7 pemain United meninggal dunia di tempat sedangkan Duncan Edwards Meninggal pada saat di bawa ke rumah sakit, sayap kanan Johnny Berry juga selamat pada kecelakaan itu, tapi cedera membuat karir sepak bolanya berakhir begitu cepat. Dokter Munich mengatakan bahwa Matt Busby tidak memiliki banyak harapan, namun ia dapat pulih dengan ajaibnya dan akhirnya keluar dari rumah sakit, setelah 2 bulan dirawat dirumah sakit.


Ada rumor bahwa tim akan mengundurkan diri dari kompetisi, namun Jimmy Murphy mengambil alih posisi manger ketika Busby dirawat di rumah sakit, klub tetap menjalankan kompetisi, walupun kehilangan banyak pemain. Mereka mencapai final piala F. A sebelum dikandaskan Bolton Wanders. Akhir musim UEFA menawarkan FA untuk dapat mengirimkan United dan juara liga Wolverhampton untuk berpartisipasi di piala champions untuk penghargaan para korban kecelakaan, namun FA menolak. United menekan Wolves pada musim berikutnya dan menyelesaikan liga di posisi ke 2 klasmen tidak buruk untuk sebuah tim yang kehilangan 9 pemain akibat tragedi Munich air 1958.

Busby membangun kembali tim diawal dekade 60 -an, membeli pemain seperti Dennis Law dan Pat Crerand serta pemuda dari Belfast George Best. Best memiliki keatletikan yang sangat langka. Tim memenangkan piala FA 1963 walaupun finish di urutan ke 19 klasmen Liga Inggris. Keberhasilan di piala FA membuat pemain termotivasi dan mengangkat klub ke urutan ke 2 1964 dan memenangkan liga 1965 dan 1967. United piala champions eropa 1968 setelah mengalahkan tim asuhan Eusebio Benfica 4 - 1 di final champions. Kemenangan ini membawa mereka menjadi tim Inggris pertama memenangkan gelar jura ini. Tim United saat itu memiliki pemain terbaik eropa seperti Bobby Charlton, Dennis Law, dan George Best. Busby mengundurkan diri pada tahun 1969 dan digantikan oleh pelatih cadangan, Wilf McGuinness.

Tidak ada komentar: